Posted on Leave a comment

Cara Mengajukan Pinjaman Agunan Sertifikat Rumah Yang Aman

pinjaman agunan sertifikat rumah

Dewasa ini, pinjaman agunan sertifikat rumah bisa dijadikan solusi tepat jika membutuhkan dana atau modal usaha dalam jumlah besar. Terlebih jenis pinjaman dengan agunan sertifikat rumah dapat mencairkan dana yang jauh lebih besar dibandingkan pinjaman dengan jaminan lainnya. Nah, jika tertarik mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa cara berikut agar tidak menyesal dikemudian hari.

Tentukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Sebelum mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah, pastikan kondisi keuangan Anda dalam keadaan sehat. Sebab nantinya Anda harus memiliki sejumlah dana untuk membayar balik angsuran pinjaman per bulannya. Umumnya semakin besar jumlah pinjaman yang diajukan, maka jumlah angsuran yang harus dibayar pun juga semakin besar. 

Perlu diingat, mengajukan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah memang Anda bisa memperoleh dana yang cukup besar mulai dari 60% hingga 80% dari nilai jaminan hunian. Meski demikian, Anda harus tetap mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan.

Persiapkan Dokumen Yang Diperlukan

Dalam proses pengajuan pinjaman agunan sertifikat rumah, ada banyak dokumen yang dibutuhkan agar proses pengajuan pinjaman lebih mudah disetujui. Beberapa dokumen yang umumnya dibutuhkan yaitu, NPWP, bukti identitas, fotocopy slip gaji, sertifikat rumah, IMB dan sebagainya. Supaya pinjaman Anda lebih mudah dan cepat disetujui, pastikan Anda sudah mengurus dokumen yang dibutuhkan sejak jauh-jauh hari. jika Anda sudah melengkapi semua dokumen yang diperlukan, tentu proses pencairan dana bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Teliti dan Jeli Saat Memilih Lembaga Keuangan

Terakhir pilihlah lembaga keuangan yang menawarkan layanan pinjaman yang tepat untuk kondisi keuangan Anda. Setiap lembaga keuangan memang menawarkan program dan fitur produk yang berbeda-beda. Sehingga Anda patut menyesuaikan pilihan lembaga keuangan dengan kondisi keuangan agar terhindar dari risiko kredit macet ataupun masalah lainnya. Selain itu, pastikan Anda memilih lembaga keuangan yang mampu memberikan solusi terbaik jika Anda mengalami kendala saat pembayaran angsuran pinjaman. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan jika lembaga keuangan yang dipilih sudah terpercaya dan dijamin aman oleh OJK.

Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat membantu Anda memahami hal-hal terkait pinjaman agunan sertifikat rumah. Dengan begitu berbagai masalah yang dapat terjadi dikemudian hari bisa lebih diminimalisirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.